'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
SWA VIA ONLINE, KITA PUN BISA
17 Juli 2021 14:24 WIB | dibaca 124

PDA Kab Kediri - “Saat semua dituntut harus dionlinekan, tidak usah panik, yakinlah Alloh SWT akan selalu membantu kita semua yang mau berusaha,” ujar Bunda Etik, Korbid MEK PDA Kabupaten Kediri, saat menyemangati ibu-ibu ‘Aisyiyah dari MEK PDA Kabupaten Kediri. Hari itu (Rabu,14/04/2021) bertempat di Gedung Dakwah Muhammadiyah Kabupaten Kediri, ibu-ibu ‘Aisyiyah dari MEK PDA Kabupaten Kediri berkumpul untuk menyatukan pendapat dan membulatkan tekad memulai Sekolah Wirausaha ‘Aisyiyah (SWA) secara Online. Dengan mengucap basmalah, mereka berupaya untuk memberanikan diri melangkah maju menuju hal baru, di mana belum  semua ibu-ibu memiliki kecakapan untuk mengeksploitasi handphone-nya dalam pertemuan secara daring.

Pertemuan saat itu menghadirkan perwakilan dari MEK PCA se-Kabupaten Kediri dan beberapa calon siswa SWA Online. Di bawah bimbingan Tim Pelaksana SWA Online, mereka belajar menggunakan handphone-nya untuk melakukan pertemuan secara daring via media Zoom Meeting. Ragam kendala yang dihadapi mereka, ada yang sudah bisa namun belum maksimal, bahkan ada pula yang belum mengerti sama sekali. Aplikasi pun ada yang belum bisa mendownload dalam androidnya. Namun, Tim berupaya untuk membimbing mereka, hingga ada kesiapan untuk melakukan Zoom di rumah pada saatnya nanti.

Selain belajar tentang aplikasi daring, mereka juga diajarkan tentang penggunaan aplikasi pengisian formulir pendaftaran dan daftar hadir secara online.

“Hari ini, memang benar-benar kita berubah maju beberapa langkah, yang semula kita menggunakan HP hanya untuk WA atau telepon, kita bisa menggunakan ragam aplikasi yang belum pernah terpikirkan sebelumnya, “ ujar Rina, PCA Badas, dengan mata berbinar-binar memancarkan kegembiraannya, bahwa ternyata dia yang merasa gaptek ternyata bisa melakukannya. Begitu pula yang dirasakan kebanyakan dari peserta pertemuan hari itu, di mana rerata mereka adalah ibuibu MEK PCA kisaran usia 40 – 50 tahun bahkan ada yang lebih dari 60 tahun. Walau semua dari mereka belum tentu menjadi siswa SWA Online, namun merekalah yang akan menjadi penggerak calon siswa SWA Online di cabang-cabang.

Hari itu, telah pula disepakati dari Tim SWA bersama MEK PCA se-Kabupaten Kediri untuk memulai pelajaran SWA Online di tanggal 1 Juli 2021, dengan pendaftaran melalui google form secara online yang akan ditutup sewaktu-waktu dengan jumlah kuota peserta maksimal 30 orang. Pelajaran akan berlangsung selama 10 kali pertemuan dengan penyampaian materi sebanyak 8 kali, sedangkan workshop akan dilaksanakan selama 2 kali pertemuan. (admin.pda.kab.kdr)

Shared Post: