'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
PCA NGADILUWIH DALAM PELATIHAN SINGKAT MERAWAT JENAZAH
25 Oktober 2016 22:26 WIB | dibaca 2462

Kediri (24/10/2016) - Sebagai implementasi program dari Majelis Tabligh PCA Ngadiluwih, dengan melakukan dakwah bil hal, maka pada tanggal 5 Oktober 2016 mengadakan pelatihan singkat merawat jenazah yang berlokasi di Perguruan Muhammadiyah Ngadiluwih dan diikuti oleh anggota ‘Aisyiyah kurang lebih 20 orang.

Lebih lanjut, Ibu Sutji Mandajati, Ketua PCA Ngadiluwih, mengatakan bahwa selama ini banyak masyarakat yang belum mengetahui tata cara perawatan jenazah, apalagi selama ini banyak perbedaan pemahaman bagaimana cara menangani jenazah sesuai syariat Islam. Lebih lanjut, beliau berharap melalui pelatihan ini para peserta yang sudah memperoleh bekal pengetahuan dan keterampilan dalam merawat jenazah dapat menerapkan di tengah-tengah masyarakat.

Pelatihan singkat ini dilakukan dengan sederhana, diawali dengan pemberian materi dan praktek langsung perawatan jenazah, mulai dari memandikan jenazah, mengkafani hingga cara menyolati jenazah. Selain itu juga diberikan materi tata cara menguburnya, hanya sebatas pengetahuan saja, tanpa praktek, karena hal ini biasanya dikerjakan oleh kaum laki-laki.

Sebelum menyampaikan detail materi pelatihan, maka dijelaskan tentang urutan perawatan jenazah, yaitu :

(1)    Memandikan

(2)    Mengkafani

(3)    Menyolati

(4)    Mengubur

Adapun materi yang diberikan dapat dilihat dalam file berikut. /files/58/file/MATERI%20PELATIHAN%20MERAWAT%20JENAZAH.pdf  (nuwi)

Dipan, tempat memandikan jenazah Alat dan bahan untuk memandikan dan mengkafani jenazah

  

Peserta pelatihan perawatan jenazah, saat mengikuti lomba perawatan jenazah yang diadakan oleh Pemerintah Desa Ngadiluwih
Shared Post: