'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
MEMBANGUN PONDASI RELIGIUS, BERKARAKTER DAN CERDAS
25 Februari 2017 19:39 WIB | dibaca 802

Kediri – 21/02/2017 – Sebuah bangunan yang tampak kuat, indah dan megah akan segera runtuh apabila tidak terbangun di atas pondasi yang kuat pula. Itulah ibaratnya bila kita memberikan pendidikan dasar bagi anak-anak usia 7 – 12 tahun, usia yang sangat riskan dengan rentang waktu yang cukup lama untuk membangun sebuah pondasi. Dalam rentang usia ini, anak sudah mampu berpikir secara rasional, memiliki perkembangan bahasa yang sangat cepat, selalu berkeinginan mencoba hal yang baru dan memiliki perkembangan memori yang sangat pesat. Di satu sisi, terdapat berbagai  hal yang positif, namun di sisi lain akan berakibat sangat fatal apabila menjurus pada perkembangan ke arah negatif. Sedangkan pengaruh lingkungan akan sangat berperan, sementara kita tidak bisa mengekang anak untuk tidak bergaul dengan lingkungan, karena hal ini justru akan mematikan jiwa sosialisasi dalam dirinya. Apa yang hars kita perbuat ? Sementara kita juga harus bekerja, mencari nafkah untuk menghidupi mereka.

Menanggapi kondisi seperti ini, maka SD ‘Aisyiyah I Plemahan mencoba menerobos tantangan ini dengan memberikan tawaran program pendidikan bernafaskan religius, mumpuni dalam akademik dan berkarakter. Hal ini sesuai dengan visi dan  misi yang telah ditetapkan sejak awal berdirinya pada tahun 2011, yaitu :

  • Visi : Unggul Dalam Prestasi, Berwawasan Global, Berlandaskan Iman dan Taqwa
  • Misi :
  1. Mewujudkan prestasi akademik sesuai standard kelulusan
  2. Mengintregasikan nilai IMTAQ ke dalam setiap pembelajaran
  3. Mewujudkan pembelajaran berbasis ICT
  4. Menanamkan aqidah tauhid yang benar dan berakhlakul karimah
  5. Menumbuhkan tertib ibadah dan fasih membaca Al-Quran
  6. Melaksanakan hafalan surat-surat juz 30

Diharapkan output yang diperoleh adalah terwujudnya generasi yang memiliki jiwa pemimpin, generasi yang unggul, terampil, mandiri serta mampu berbahasa yang runtut sebagai bekal hidup di masyarakat yang dilandasi iman dan taqwa, berakhlakul karimah serta cinta tanah air.

Guna mendukung wacana di atas, maka diterapkan program pembelajaran yang berlangsung selama 2/3 hari, dengan pemikiran bahwa sebagian besar waktu anak dapat terisi dengan pendidikan yang baik namun tetap memberikan waktu 1/3 hari untuk bersosialisasi dengan keluarga dan lingkungannya. Secara rinci jadwal KBM yang diterapkan adalah sebagai berikut :

Senin – Kamis   :

  • 07.00 – 09.00      Kegiatan Belajar Mengajar
  • 09.00 – 09.30      Istirahat dan Sholat Dhuha
  • 09.30 – 12.00       Kegiatan Belajar Mengajar
  • 12.00 – 13.00       Makan Siang, Sholat Dhuhur dan Istirahat
  • 13.00 – 14.00       Kegiatan Belajar Mengajar dan persiapan pulang.

Jum’at :

  • 07.00 – 09.00      Kegiatan Belajar Mengajar
  • 09.00 – 09.30      Istirahat dan Sholat Dhuha
  • 09.30 – 11.00       Kegiatan Belajar Mengajar
  • 11.00 – 12.00        Makan Siang dan Persiapan Sholat jumat
  • 12.00 – 13.00       Sholat Jumat

Sabtu  :

  • 07.00 – 09.00      Kegiatan Belajar Mengajar
  • 09.00 – 09.30      Istirahat dan Sholat Dhuha
  • 09.30 – 10.00      Kegiatan Belajar Mengajar
  • 09.30 – 10.00      Persiapan Pulang

Hingga saat ini, SD ‘Aisyiyah I Plemahan yang beralamatkan di Jl. R.A Kartini II / 6 Desa WonokertoKecamatan Plemahan  Kabupaten Kediri, memiliki 124 siswa yang terbagi dalam 7 rombongan belajar dengan bimbingan ustadz/ustadzah sebanyak 13 orang. Sistem pembelajaran menerapkan kurikulum KTSP 2006 sesuai yang dicanangkan oleh pemerintah. Menjelang tahun ajaran baru 2017/2018 ini SD ‘Aisyiyah 1 Plemahan menerima pendaftaran siswa baru dengan ketentuan seperti yang tertera dalam brosur di bawah ini.

        

Program khusus diberikan kepada kelas VI, selain mendapatkan pembelajaran pelajaran wajib, juga diberikan Bimbingan Belajar sejak bulan Nopember guna menghadapi Ujian Nasional. Program khusus lain diberikan kepada semua siswa pada hari Sabtu, yaitu dengan program ekstra kurikuler, di mana siswa diberi kesempatan untuk memilih sendiri kegiatan yang diikuti, dengan pilihan sebagai berikut :

  1. Atletik
  2. Renang ( di kolam renang Kedung Malang, Papar )
  3. Hizbul Wathan
  4. Tapak Suci
  5. Robotic
  6. MIPA ( dengan Metode AHA )
  7. PKS (Patroli Keamanan Sekolah)
  8. Jurnalis
  9. Paduan Suara
  10. Seni Tari
  11. KWU (Kewirausahaan)

Program ekstra kurikuler ini dimaksudkan untuk menggali minat, bakat dan mengasah potensi yang dimiliki oleh anak sehingga dapat menumbuhkan kreatifitasnya. Bahkan dari beberapa kegiatan ekstra kurikuler tersebut telah menorehkan berbagai prestasi dalam ajang perlombaan, juga telah dapat menerbitkan Majalah Mumtaz. Guna mengimbangi gencarnya kegiatan akademik juga diterapkan sisi religi bagi semua siswa, yaitu setiap Sabtu pagi diawali dengan dzikir pagi dengan ustadz/ustadzah di masjid secara bersama-sama.

Diharapkan dengan padatnya kegiatan akan dapat membentuk karakter siswa dengan dasar pondasi yang kokoh secara akademik maupun agama. Karena dari perimbangan kedua faktor tersebut jiwa anak akan dapat terkontrol dengan baik antara kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektualnya, anak akan lebih mampu mencari solusi terhadap permasalahan yang muncul. (nuwi)

   

 

 

Shared Post: