'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
‘AISYIYAH TAK KENAL LELAH, PELATIHAN SIA DAN PELAPORAN ONLINE VIA ZOOM SELAMA ENAM JAM
17 Juli 2021 16:00 WIB | dibaca 259

Kediri – 17/07/2021 – Usia boleh dikatakan sudah atau hampir senja, namun semangat tetaplah berkobar, apalagi berkaitan dengan teknologi, ibu-ibu ‘Aisyiyah se-Jawa pun sangat antusias saat mengikuti Pelatihan Sistem Informasi ‘Aisyiyah dan Pelaporan secara Online digelar. Sekalipun sebagian besar harus “terbata-bata” untuk mengikuti arahan dari para narasumber, namun tak menyurutkan semangat ibu-ibu untuk tetap bertahan mengikuti pelatihan yang berlangsung selama 6 jam tersebut. Memang agenda hari ini digelar oleh PP ‘Aisyiyah diperuntukan bagi ibu-ibu Sekretaris Wilayah dan Daerah dengan tajuk “Pelatihan Pengelolaan Sistem Informasi 'Aisyiyah / SIA (Pelaporan Online, Website,Pendataan) - Batch 6”, walau tidak menutup kemungkinan ibu-ibu Sekretaris untuk menggandeng dari kalangan anak-anak muda sebagai teknisi atau operatornya.

“Agenda hari ini memang diperuntukkan Sekretaris Daerah, namun ibu-ibu bisa menggandeng dari kalangan muda untuk membantu sebagai teknisi atau operator sistemnya, “ ujar Tri Hastuti Nur R, PP ‘Aisyiyah saat membuka agenda pagi tadi. Bu Tri, panggilan akrabnya, menjelaskan secara detail, bahwa ‘Aisyiyah saat ini dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi terutama terkait masalah sistem informasi, ‘Aisyiyah harus berkemajuan untuk menjawab tantangan teknologi ini.

Senada dengan itu, Hajar NS, selaku narasumber dari PPA, juga menegaskan bahwa ‘Aisyiyah harus selalu bergerak sebagai organisasi Islam yang berkemajuan.

“Salah satu branding nilai Aisyiyah adalah sebagai gerakan perempuan berkemajuan, yang dapat dimaknai bahwa ‘Aisyiyah haruslah responsive terhadap problematika selaras dengan kemajuan zaman. Salah satu implementasinya adalah melalui pemanfaatan teknologi untuk solusi pemecahan masalahnya, tanpa harus dibatasi dengan jarak, waktu dan media yang digunakan,” tegas Mbak Hajar, panggilan akrabnya.

Gayung bersambut, sepertinya, kobaran semangat dari PP ‘Aisyiyah ini diimbangi dengan antusias 190 orang peserta Zoom Meeting siang ini. Saat dibahas tentang aplikasi pelaporan secara online, respon peserta luar biasa, dengan ragam pertanyaan mulai teknik membuka aplikasi hingga pengisian aplikasi. Respon terus berlangsung hingga tak terasa untuk session pertama pun harus bertambah durasi hingga jam 14.00 WIB yang diselingi dengan istirahat selama 30 menit.

Antusias peserta pun masih tetap terjaga hingga session kedua dengan materi “Pelatihan Sistem Informasi ‘Aisyiyah melalui Website”. Ragam tanya jawab terus mengalir, hingga Mbak Putri, selaku narasumber dari PP ‘Aisyiyah pun kewalahan untuk meladeni permintaan peserta yang ingin terus berlanjut, walau waktu sudah berakhir di dentang jam 15.00 WIB. Maka, untuk memuaskan peserta durasi waktu ditambah 30 menit ke depan hingga jam 15.30 WIB. Wow…. Sungguh antusias yang luar biasa ditunjukkan oleh ibu-ibu PDA se-Jawa.

Semoga, semangat yang berkobar ini tetap terjaga untuk mengibarkan panji ‘Aisyiyah sebagai organisasi perempuan yang berkemajuan, istiqomah menjaga kepedulian terhadap kelompok rentan dan berbasis komunitas, bergerak praksis melalui amal usaha dan layanan publik serta berwawasan kebangsaan.

Kontributor : Nur Wijayanti, Wakil Sekretaris PDA Kabupaten Kediri

Shared Post: